Sabtu, 13 Februari 2010

Peran Orangtua Dalam Membina Anak dan Remaja

PERAN ORANG TUA DALAM MEMBINA ANAK DAN REMAJA
Tujuh ciri orang tua bertanggung jawab
1. Kekuatan, orang tua hendaknya punya kekuatan untuk tidak tergantung pada anaknya sebelum anak itu cukup dewasa. Memiliki kekuatan emosional untuk bias memberikan limpahan kasih saying. Memiliki tenaga jasmani untuk memenuhi tuntutan peran sebagai orang tua.
2. Kepekaan untuk menangkap kebutuhan anaknya, orang tua tidak membutuhkan buku atau aturan tapi tidak cukup menggunakan naluri yang kita miliki. Orang tua juga harus peka dengan kebutuhan mereka sendiri.
3. Rasa social, orang tua hendaknya mudah didekati dan ramah. Mereka senang jika anaknya melakukan hubungan dengan orang dari segala lapisan dan segala usia. Rumah mereka terbuka, sehingga para tamu termsuk teman-teman anak mereka merasa santai dan disambut hangat.
4. Keterampilan, orang tua ini sangat terampil secara social, mereka tahu bagaimana berbicara dengan baik, tegas, dan mengendalikan perasaan. Mereka senang berbagi pengetahuan dan keterampilan dengan anaknya dan terbuka pada sesuatau yang baru
5. Dorongan, memberikan dukungan penuh untuk mengarahkan anak-anaknya ke berbagai kegiatan yang menantang dan menarik.
6. Keseimbangan, orang tua bias mengatur hidupnya dengan terencana. Pengeluaran tidak melampaui batas. Mencoba untuk memenuhi kebutuhan pokok anak-anaknya sehingga anak-anaknya dapat terdidik dengan baik.
7. Kesuksesan-kesuksesan ada di tangan orang tua. Ini dapat dicapai jika orang tua punya tujuan yang jelas. Langkah-langkah yang diambil tegas dan tidak bingung dengan berbagai godaan dan tantangan hidup.

Sumber : Makalah ‘membangun komunikasi harmonis orangtua-remaja’, Hj Elly Risman Musa, Psi.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Riska Ayudya Pratiwi. Design By: SkinCorner